Monday, October 30, 2023

BAHAN AKTIF UNTUK MEREDAKAN SAKIT GIGI BERLUBANG

 Hai Assalamualaikum

Semoga semua dalam kondisi yang sehat dan baik baik saja ya gengs, karena sebagai ibu dituntut untuk selalu strong menghadapi kehidupan yang menuntut kita untuk selalu sat set menghadapi kondisi apapun. Seperti yang beberapa hari lalu dialami oleh kerabat yang biasa aku minta tolong untuk mengasuh anakku ketika kutinggal kerja mengalami sakit gigi berlubang, nah asli bikin semua jadi keteteran dong karena bikin aku pun jadi pontang panting bekerja sambil bawa anak. Emang ya yang namanya sakit gigi tuh asli ngeganggu banget dan bikin senewen, kesehatan gigi tuh penting banget lho dan masih banyak yang belum aware padahal gigi penting banget di sistem pencernaan kita.


Nah solusi untuk meredakan sakit gigi tuh biasanya oleh dokter diberi obat yang mengandung bahan aktif yang umum digunakan dalam pereda sakit gigi berlubang, seperti benzocaine atau clove oil.


source: alodokter


  • Benzocaine

Bila sakit gigi yang Anda alami tergolong ringan, obat sakit gigi dari dokter yang mungkin diresepkan adalah benzocaine. Obat ini tersedia dalam bentuk gel, salep, semprot, atau larutan kumur.

Benzocaine berperan sebagai obat bius lokal yang dapat meredakan sakit gigi dengan memblokir saraf, sehingga sinyal nyeri di bagian yang dioleskan obat ini dapat berkurang.

Penggunaan benzocaine sebagai obat sakit gigi tidak disarankan untuk anak berusia kurang dari 2 tahun. Selain itu, obat ini juga tidak boleh digunakan dalam jangka panjang karena bisa meningkatkan risiko terjadinya methemoglobinemia atau berkurangnya jumlah oksigen di dalam darah.

  • Clove oil (minyak cengkeh)

source: alodokter

Beberapa penelitian mengungkapkan, kandungan senyawa eugenol dalam minyak cengkeh dapat meringankan gejala sakit gigi. Selain itu, senyawa eugenol juga bersifat antibakteri, analgesik (pereda nyeri), antioksidan, dan antiinflamasi.

Jika dioleskan ke gusi dan gigi yang sakit, minyak cengkeh diduga efektif meredakan kondisi tersebut. Selain itu, minyak cengkeh juga dipercaya dapat mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang.

Akan tetapi, hingga saat ini belum cukup bukti medis yang menunjukkan bahwa manfaat cengkeh untuk mengatasi sakit gigi benar-benar efektif. Masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk memastikan efektivitas manfaat cengkeh tersebut.

Apabila Anda mengalami sakit gigi, cobalah menggunakan minyak cengkeh sebagai penanganan sementara. Penggunaan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi anak alami juga dapat diberikan sebelum menemui dokter gigi. Caranya dengan menuangkan minyak cengkeh ke kapas kecil atau cotton bud, lalu oleskan ke gusi dan gigi yang terasa sakit.

Selain menggunakan minyak cengkeh, Anda juga bisa coba beberapa cara lain sebagai perawatan awal sakit gigi, di antaranya:

  • Berkumur menggunakan air hangat yang dicampur garam

  • Menyikat gigi secara teratur dan menggunakan benang gigi (dental floss) agar sisa-sisa makanan yang ada di sela gigi dapat dibersihkan secara menyeluruh

  • Minum obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol

  • Kompres dingin pada pipi yang bengkak untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan

  • Mengoleskan obat antiseptik yang mengandung benzocaine langsung ke gusi dan gigi, tetapi jangan mengoleskannya ke anak-anak berusia di bawah 2 tahun.

Meskipun gusi dan gigi tidak lagi terasa sakit setelah menggunakan minyak cengkeh dan melakukan perawatan di atas, Anda tetap dianjurkan untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi.

Penggunaan minyak cengkeh dalam mengobati sakit gigi masih dianggap aman. Namun perlu diketahui, penggunaan minyak cengkeh yang terlalu sering pada gigi justru berisiko merusak gigi dan gusi.

Tidak hanya itu, bila minyak cengkeh tidak sengaja tertelan, Anda dapat mengalami efek samping berupa:

  • Rasa perih di hidung dan tenggorokan karena iritasi

  • Sakit perut

  • Diare

  • Kesulitan bernapas

Meskipun manfaat cengkeh sudah digunakan sejak lama, namun khasiat cengkeh dalam meredakan sakit gigi masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tetap berkonsultasi ke dokter gigi guna mengobati sakit gigi sesuai dengan penyebabnya.

Namun sekarang ada produk yang bisa memudahkan kita ketika mengalami sakit gigi berlubang yaitu Cooling 5 plus orange merupakan obat semprot rongga mulut yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit misalnya pada saat sakit gigi, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi.

Fungsi produk ini untuk menghilangkan rasa sakit misalnya pada saat sakit gigi, radang gusi, dan sakit saat pertumbuhan gigi. Praktis banget penggunaannya karena tinggal semprot atau oles ke area yang sakit dan instant banget bisa mengurangi rasa sakit seketika, karena kandungannya yaitu Benzocaine 3 mg dan Phenol 5 mg. Bila perlu diulang setelah 3-4 jam. Namun produk ini untuk wanita hamil dan menyusui masih tidak disarankan penggunaannya, dan juga gak boleh ditelan ya gengs. Karena produk ini bekerja hanya di area yang sakit dan juga tidak masuk ke aliran darah jadi minim efek sampingnya. Menurutku ini praktis banget dan tepat sasaran untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang dan juga tumbuh gigi apalagi kalau tumbuh gigi bungsu yang rasanya sakit banget buat mangap aja susah. Ini worth to try banget sih. 


Ukurannya juga travel friendly menurutku jadi misal buat jaga-jaga ditaruh di pouch obat-obatan yang selalu setiap saat harus dibawa kemana mana juga aman dan gak takut tumpah, karena netto 15 ml dan bentuk botol spray dan ada tutupnya. Harganya juga menurutku affordable sekitar Rp 35.000,00 per botolnya, jadi gak bakal nguras kantong apalagi dilihat dari segi keefektifan dan kepraktisannya.


Buat yang udah banyak aktifitasnya dan gak mau keganggu gara gara sakit gigi berlubang ini wajib punya banget dan harus ada di emergency kit di rumah nih. Yuk baca juga tips mengatasi sakit gigi yang lain disini


Yuk sampai jumpa di tips yang lain ya, see you …


2 comments:

  1. Wah, pas banged nich rekomendasinya, karena aku busui banyak yang bolong giginya

    ReplyDelete
  2. Baru tau ternyata bisa pake bahan alai ya, tapi lebih praktis pake cooling 5 deh

    ReplyDelete

APRIL EMPTIES PRODUCTS 2024 #PAKAISAMPAIHABIS

Hai Assalamualaikum Gak kerasa udah di bulan Mei dan rutinitas setiap bulan dengan menulis tentang produk empties apa aja yang berhasil aku ...