Skip to main content

SHARING SESSION HBBV HOW TO START A BLOG (LAYOUT/DESIGN BLOG)






Hallo readers semuanya

Kali ini aku akan sharing tentang kegiatan aku pada hari minggu kemarin tanggal 24 Maret 2019 yaitu ada sharing dengan komunitas HBBV (Hijabers Beauty Blogger and Vlogger). Jadi nih di sharing kali ini sebagai narasumbernya kak Icha Amalia yang notabebe punya blog udah top banget.  Menurut aku kegiatan sharing seperti ini sangat dibutuhkan untuk blogger pemula seperti saya yang kadang hanya sekedar nulis tanpa tau blogspot yang baik dengan design maupun template yang seadanya dan semuanya saya kerjakan otodidak hanya berdasarkan belajar dari mbah gugel. Disini kita belajar bareng jadi misal pesertanya lebih memahami ya boleh menambahkan.
Inti dari sharing kemarin ada beberapa poin penting dan kita juga diberi izin untuk bertanya, dengan dibantu moderatornya kak Ririn.

Nah berikut beberapa poin penting yang kita dapatkan:
How to Start A Blog?
Ada beberapa steps, yaitu:
1. Daftar; memlih platform, menentukan alamat blog dan niche.
2. Setting dan customize blog. Ini yang akan kita bahas.
3. Menulis dan publikasi konten.
4. Mempromosikan dan optimasi konten

Nah, kenapa memilih bahasan tentang setting & customize layout dulu? Karena layout ini hal yang paling dasar dari sebuah blog. Layout ini juga bisa jadi salah satu ciri khas blogger selain isi konten dan cara menulisnya. Pilihan template mungkin sama tapi kalo tata letaknya beda, fontnya beda, headernya beda nantinya pasti kelihatan beda juga. Tampilan yang menarik dan enak dilihat pasti akan bikin pengunjung betah baca tulisan di dalamnya. Sebelum masuk ke bahasan layout/desain blog, aku mau kasih info sedikit tentang bagian-bagian blog dan elemennya. Bagian-bagian blog yang utama ada Header, Body, Sidebar, Footer.

Ada beberapa elemen yang sebaiknya ada di setiap blog. Apa saja? About page, Contact page, Menu/navigasi, Search box.
Sebaiknya ada About Page atau halaman tentang penulis supaya pembaca tau siapa orang dibalik konten yang sedang mereka baca. Di sini kamu bisa tulis short intro tentang kamu dan blogmu.
Contact Page diperlukan supaya pembaca tau kalo mau menghubungi penulis mereka harus ke mana. Yang harus dicantumkan di contact page itu email aktif. Boleh juga menulis kontak lain kalo berkenan.
Menu/navigasi dibuat supaya mempermudah pembaca untuk menjelajahi blogmu. Minimal buatlah kategori. Untuk beauty blog, misalnya buat menu khusus skincare, makeup, body care dll. Atau menu khusus review, makeup tutorial, haul, dll.
Search box ini baiknya tetap ada walau fungsinya sama seperti navigasi. Soalnya kadang ada tulisan yang nggak masuk ke kategori yang sudah ada di navigasi. Jadi lewat search box ini pembaca bisa menelusuri blogmu lewat kata.
Apa saja yang harus diperhatikan untuk tampilan/layout blog?
1. Tema/Template
2. Kombinasi warna
3. Pilihan backgroud
4. Font
5. Header
Layout ini penting karena akan jadi first impression bagi pengunjung blog sebelum mereka baca tulisan kalian. Kalo layoutnya berantakan kemungkinan pengunjung akan merasa nggak nyaman dan jadi malas scroll/baca tulisanmu.
  1. Sebaiknya pilih template yang ringan, mudah dioperasikan (user-friendly), responsive dan compatible dengan banyak browser. Kenapa harus ringan? Supaya loadingnya cepat. Coba page speed test di sini: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ Kenapa harus user-friendly? Karena pembaca blogmu itu manusia.. jadi pastikan harus mudah digunakan oleh manusia. Percuma tulisan bagus kalo navigasinya susah. Kenapa harus responsive? Supaya bisa otomatis menyesuaikan device pengunjung. Jadi saat dibuka pada ukuran layar yang berbeda via hp/pc/laptop/tablet tampilannya tetap sama dan tetap rapi. Coba mobile friendly test di sini: https://search.google.com/test/mobile-friendly Rekomendasi dan cara mengganti template akan dibahas nanti.
  2. Pilih template yang nggak terlalu ramai dengan background warna netral. Aku sarankan pakai warna putih. Sebaiknya hindari warna-warna stabilo dan warna lain yang terlalu terang/terlalu gelap.
  3. Usahakan nggak pakai background berupa gambar/foto supaya blog nggak “berat” dan loading blog lebih cepat.
  4. Gunakan font Serif/Sans Serif supaya mudah dibaca dan hindari font script/cursive. Rekomendasi font akan dibahas nanti.
  5. Tambahkan header berupa tulisan/gambar. Kalo pakai gambar sebaiknya ukuran tinggi maksimal 200 px. Usahakan gambar/foto yang ukurannya kecil dan menggambarkan tentang blogmu. Cara bikin dan setting header akan dibahas nanti.

REKOMENDASI TEMPLATE
Kamu bisa cari template blog gratis di beberapa website berikut:
https://gooyaabitemplates.com/
https://btemplates.com/blogger-templates/responsive/
http://www.beautytemplates.com/blogger-templates/
https://www.themexpose.com/

Langkahnya sebagai berikut:


  1. Download template yang kamu mau. 
  2. Template yang kamu download biasanya masih dalam bentuk RAR jadi harus di-unzip dulu untuk dapat file aslinya. Pakai program WinRAR. 
  3. Kalo di pc/laptopmu belum ada silakan download dulu. Di mana downloadnya? Carilah di google.
  4. Buka filenya > Klik Extract File > muncul pop out > Pilih lokasi file > Klik OK
  5. Buka folder hasil unzip file tadi > Cari file yang berupa XML. Inilah file template yang sebenarnya, yang nantinya akan kamu upload ke blog.


Cara upload template blogger:

1. Ke Dashboard > Pilih Tema
2. Klik Backup/Pulihkan yang ada di bagian pojok kanan atas
3. Klik Download Tema. Untuk menyimpan copy/backup dari tema kita yang sebelumnya.
4. Klik Pilih File > pilih file template yang akan digunakan > Upload
5. Kembali ke halaman utama Tema > pilih bagian seluler > Klik Roda/Gear warna abu
6. Muncul pop out pengaturan > Pilih Tidak
7. Simpan
Setelah mengganti template biasanya tata letak blog akan jadi berantakan. 
8. Kamu bisa sesuaikan lagi dengan masuk ke tab Tata Letak. 
9. Atur sesukamu lalu Klik Simpan Setelan (tombol oranye di bagian kanan atas).

REKOMENDASI FONT
  1. Cukup gunakan 2 jenis font. 1 font untuk bagian judul dan 1 font untuk bagian body.
  2. Kombinasikan antara font Serif dan Sans Serif.
  3. Kombinasikan ukuran font. Buat ukuran yang berbeda untuk bagian judul dan isi konten. Untuk font konten bisa pilih ukuran 12-14 px dan font judul sekitar 20 px. Ukuran ini nggak baku, kamu bisa variasikan sesuai dengan templatemu.
  4. Sesuaikan warna font dengan warna background. Kombinasikan warna font gelap dengan background terang. 
  5. Di Desainer Tema Blogger kamu nggak cuma bisa ganti/pilih font saja tapi juga bisa resize ukuran sidebar, pilih warna background, warna elemen lain dll tanpa harus otak-atik html. Caranya: masuk ke Dashboard > pilih Tema > klik tombol oranye “sesuaikan” > otomatis redirect ke Desainer Tema Blogger.
CARA SETTING HEADER

1. Masuk ke Dashboard > Pilih Tata Letak
2. Klik Gadget Header Halaman
3. Muncul pop out window Mengonfigurasi Header > Pilih file gambar header yang mau dipakai
4. Pilih opsi “selain judul dan keterangan” 
5. Klik Simpan > pop out window akan tertutup > Klik Simpan Setelan

Nah tapi apakah semuanya sudah saya laksanakan hasil kegiatan sharing kali ini, oh beberapa seperti ganti template dan nama sudah saya laksanakan sebisa saya, tapi sepertinya masih perlu belajar lagi nih, tunggu sharing session selanjutnya biar jadi blogger yang lebih mantap gak hanya sekedar nulis aja sih. Apalagi aku butuh banget pembelajaran seperti SEO yang gak saya mengerti sama sekali. Semoga kegiatan sharing ini semakin banyak lagi ya dan gak hanya tentang blog aja sih tentang beauty juga boleh banget dong. Penjelasannya menurut saya detail dan mau menampung pertanyaan blogger amateur seperti saya. 

Alhamdulillah sekali bisa bergabung dengan komunitas seperti ini karena banyak ilmu baru dan berbagai pengalaman yang sangat bermanfaat sekali untuk hobby saya ini, pastinya perlu banyak belajar lagi, semangattt... 

see u on next post ya readers...


ig kak Icha: http://www.instagram.com/bysouthskin

ig HBBV: https://www.instagram.com/hijabersbeautybvlogger

Comments

  1. Bermanfaat banget ya ilmunya.. akupun akhirnya jadi lebih tau cara-cara niy.. walaupun harus utak atik dulu. Hehehe.

    ReplyDelete
  2. iya beb harus sering ikut kayak gini nih biar lebih jago ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

REVIEW: NOERA SLIMMING TEA

Hallo semuanya... Siapa yang disini pernah mengalami body shamming karena bentuk badan? yuk ngacung. Zaman gini masih adakah yang masih mengalami body shamming, ingat ya udah ada UU yang mengatur siapa yang melakukan body shamming. Pasti males banget kan kena body shamming? nah kemarin aku ada project sama beautysecretsquad dan noera slimming tea untuk cobain dan review slimming tea ini. Sebenarnya kalo masalah bentuk badan sih emang aku dari awal emang curvy sih bahkan sejak sebelum menikah, tapi semenjak habis melahirkan emang jadi lebih plus size. Tapi itu bukanlah hal yang perlu ditutupi sih menurut aku, tergantung gimana kita embrace your self gak peduli bentuk badanmu gimana yang penting pasti semua memiliki kelebihan dan kemampuan yang bisa ditunjukkin sebagai potensi diri. Meskipun begini aku juga gak pernah coba diet ataupun mengkonsumsi pelangsing apapun, tapi kalau slimming tea ini aku tertarik karena terbuat dari bahan alami. Selain itu, banyak review yang mengatakan k

MIJU FAIRY WHITE BODY LOTION AND FAIRY WHITE UNDERARM REVIEW

MIJU FAIRY WHITE Hai Assalamualaikum kali ini aku mau review bodycare yang lagi aku pakai nih, kalau dilihat nama brandnya seakan brand luar dari Korea gitu ya, padahal ini tuh sebenarnya produk lokal yang diproduksi oleh PT Prima Medika Laboratories yang berlokasi di Tangerang, Indonesia. Memang sengaja mengusung konsep seperti brand skincare dari luar karena biar lebih internasional dong. Langsung aja yuk ke reviewnya dari masing-masing produk. MIJU FAIRY WHITE BODY LOTION Packaging: Kalau dilihat sekilas dari tubenya ini memang terkesan seperti bodycare dari Korea, karena di gambarnya terdapat gampar eonni cantik gitu. Kesan pertama ketika melihat packagingnya sangat cute dan ini travel friendly karena imut dan bisa dimasukin ke pouch dan gak bulky makan tempat karena netto hanya 45 gram. Untuk di rumah sih biasanya harapan kita ada yang packaging ukuran besar sehingga bisa awet digunakan. Tipe tutup botolnya pun juga tipe ulir sehingga mudah digunakan dan bisa dibuka dengan satu ta

PELAYANAN KESEHATAN ONLINE YANG TERPERCAYA? YA "AIDOHEALTH" DONG

Hai Assalamualaikum kali ini aku mau sharing tentang aplikasi yang sebelumnya sudah aku pernah bahas di postingan yang lalu di postingan ini  Percayakan Kesehatan Keluarga dengan AIDOHEALTH (Pelayanan Kesehatan Terpercaya) . Nah kemudahan sekarang sudah di depan mata kita nih, siapa nih yang sekarang takut banget ke rumah sakit karena masa pandemi Covid 19 ini belum berakhir? ngacung yuk! Sama dong aku juga sebagai seorang ibu juga takut banget keluar rumah karena kondisi sekarang yang benar-benar membahayakan. Tentunya kita ingin yang terbaik semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa memulai kehidupan normal bekerja, bersekolah, beribadah dengan nyaman lagi tanpa perlu dihantui rasa was was lagi. Bukan hal yang tabu lagi kalau semua kegiatan kita sekarang terfokus pada gadget karena demi tetap berjalannya kehidupan kita tetap bisa bekerja, tkan dengan gadget yaitu berkonsultasi secara online dengan dokter, karena untuk masa pandemi ini ke rumah sakit sangatlah riskan dan tidak