Saturday, July 9, 2022

LANGKAH MUDAH MEMULAI HIDUP SEHAT DARI RUMAH #CERITAIBUJUARA

 Hai Assalamualaikum

Semoga kita masih diberi kesehatan ya agar bisa memberikan yang terbaik untuk orang di sekitar kita terutama nih keluarga, karena sebagai ibu kita nih adalah pilarnya. Semua hal banyak yang terfokus pada peran ibu dalam hal berumah tangga maupun dalam keseharian untuk keluarga. Pastinya sebagai ibu ingin memberikan hal terbaik dong seperti misalnya tentang kesehatan, pendidikan, dan semua aspek kehidupan lainnya pastinya.

Yang utama yaitu kesehatan karena kalau keluarga sehat segala sesuatu yang ingin dicapai akan lebih mudah untuk digapai. Untuk meuwjudkannya bukan hal yang mudah dilakukan karena semua aspek juga sangat berkaitan seperti faktor ekonomi dan ilmu pengetahuan yang menjadi dasar agar gaya hidup sehat dalam keluarga bisa tercapai. Kalau keluarga sehat maka proses kehidupan juga menjadi lebih mudah, karena tidak akan ada halangan untuk bekerja, belajar maupun beribadah.


Gaya hidup sehat bisa tercapai tidak hanya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dari makanan sehat saja tapi ada aktifitas olahraga juga yang mendukung gaya hidup sehat. Seperti yang menjadi kebiasaan dan salah satu kewajiban juga sih untuk berolahraga seperti yang menjadi hobby anak pertamaku yang berusia 6 tahun dia gemar sekali berolahraga sepak bola. Bahkan seperti tampak di foto tersebut ketika bermain pun dia lebih memilih bola untuk beraktifitas fisik di rumah karena merupakan permainan kegemarannya.

Aku selalu mendukung kegemarannya karena ini juga menjadikan goals dari keluarga untuk memiliki gaya hidup sehat terwujud. Aktifitas bermain bola ini biasa dia lakukan di mana saja bahkan di dalam rumah sekalipun. 

Olahraga selain untuk melatih aktifitas otot agar lebih kuat juga memberi perlindungan dan bikin daya tahan tubuh semakin kuat. Selain itu aku juga selalu menyediakan buah-buahan di rumah guna menunjang kebutuhan nutrisi untuk keluarga. Seperti yang ada di gambar dibawah aku menyiapkan pisang untuk keluarga di rumah, karena selain mudah didapat karena ini dari hasil kebun sendiri nutrisinya juga kaya sehingga goals untuk hidup lebih sehat keluargaku agar tercapai. Kebetulan semua anggota keluarga suka dengan buah-buahan jadi selalu ada buah yang aku siapkan untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral dari buah.


Kebersihan juga menjadi hal pokok yang mendukung untuk gaya hidup sehat, kebiasaan untuk menjaga kebersihan memang harus dimulai sejak dini dalam keluarga. Kebiasaan menjaga kebersihan juga harus dicontohkan oleh orang tua kepada anaknya, karena nanti dari mencontoh dia akan mengikuti tanpa perlu diajari berkali-kali dan akan tertanam hingga menjadi kebiasaan anak sampai dewasa dan akan menguntungkan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk lingkungan di sekitarnya. 

Kebiasaan menjaga kebersihan ini tidak hanya menjaga kebersihan diri tapi juga menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan diri meliputi wajib mandi 2 kali sehari, mencuci tangan setelah dan sebelum beraktifitas, mencuci pakaian. Begitu pula dengan kebersihan lingkungan misalnya membersihkan tempat tidur, kamar mandi, ruangan di rumah. Hal tersebut bisa kita ajarkan misalnya dengan mengajak anak membereskan mainannya setelah main, mencuci piringnya sendiri setelah makan, dan lain-lain.

Yuk moms kita menerapkan gaya hidup sehat agar hidup lebih nyaman dan juga memberikan efek yang bagus untuk lingkungan. Bisa kita mulai dengan langkah kecil yang dilakukan di rumah dengan keluarga sendiri dan dampaknya akan besar baik di saat itu maupun untuk ke depannya.

#ceritaibujuara

17 comments:

  1. Setuju deh tulisan makasih sudah mengingatkan ya untuk kesehatan kita terjaga semangat selalu sukses

    ReplyDelete
  2. Setuju bgt nih kebiasaan bersih2 itu nurun dari ortu ke anak. Aku nurun dari papaku yg orangnya resik bgt haha.. gabisa deh kotor sedikit, harus bersih rumah tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senangnya nih suka bersih bersih, emang yang dilihat pertama anak kebiasaan ortunya sih

      Delete
  3. Aku juga setuju banget nih mom, bahwa kebiasaan kita bersih bersih rumah bisa menjadi contoh baik buat anak kita

    ReplyDelete
  4. Setuju nih, mau mulai menerapkan gaya hidup sehat. Pertama rutin olahraga tiap pagi minimal 30 menit, awal-awal menderita banget rasanya. Wkwk. Lama-lama kalo nggak gerak malah nggak enak badannya. Anak saya juga suka ikut-ikutan kalo liat mamanya aerobik atau yoga atau zumba. Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semangat juga nih mom semoga akupun juga tergerak rajin olahraga nih

      Delete
  5. orang tua memang menjadi contoh pertama anak-anak dalam berbagai hal ya, mbak. makanya nih sebagai orang tua hendaknya kita memberikan contoh yang baik terutama dalam hal kebersihan rumah agar anak juga mengikuti

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak biasanya kebiasaan bersih bersih tuh beneran ditiru loh soalnya kalo kotor kan jadi gak nyaman

      Delete
  6. meskipun belum ada anak, tapi nanti kalo udah ada aku juga mau nerapin pola hidup sehat begini hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren emang ini harus diplanning sedari dini sih

      Delete
  7. Guru pertama bagi anak adl orang tua, mulai dari rumah akan berdampak bagi kehidupan anak & lingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali apalagi ibu nih jadi madrasah utama anak

      Delete
  8. bener banget sih, rumah tuh jadi fondasi utama dalam hal apapun termasuk soal kebersihan , karena orang tua punya peranan besar membentuk karakter anak apalagi soal kedisplinan dan kebersihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes setuju nih mbak emang harus dibiasain makanya sejak dini

      Delete
  9. stay safe and stay healthy yaa :D

    ReplyDelete

JULY EMPTIES BEAUTY PRODUCTS 2022

Hai Assalamualaikum gak nyangka udah di semester 2 di tahun 2022 ini yuk seperti biasa aku buat list mini review empties beauty products apa...