Tuesday, January 19, 2021

TIPS HEMAT ALA EMAK ALIYA

Hai Assalamualaikum kali ini berbeda denga postingan biasanya aku review produk beauty, tapi kali ini aku mau sharing ke kalian tips hemat ala aku. Jadi karena ini ala aku jadi sudah bisa dipastikan ini sudah aku lakukan selama bertahun-tahun aku hidup dan punya penghasilan ya guys. Tapi tips ini juga bisa diaplikasikan sih ke kehidupan untuk mahasiswa maupun siswa yang masih mengandalkan uang saku dari orang tua. 

Sebenernya kenapa aku buat tulisan ini karena banyak banget temen-temen baik itu dari dunia maya maupun dunia nyata yang tanya ke aku kok bisa sih bisa dapat produk gratis segitu banyak atau belanja segala kebutuhan rumah dengan harga best deal. Nah ini yang mendasari aku buat tulisan ini, tapi disclaimer ini hanya berdasarkan pendapat pribadi aku ya guys kalau kalian gak setuju silahkan saja. Btw aku juga udah pernah tulis sih beberapa tahun lalu tentang gimana aku bisa dapatin banyak produk gratis di postingan berikut ini How to get FREE products! tapi ini tulisan udah 2 tahun lalu jadi mungkin masih banyak yang berubah dan juga tulisan aku dulu masih suka belibet sampe sekarang juga sih dan gak bisa masukin link hehe.

Langsung aja yuk kita sharing, kalau kalian ada ide juga bisa juga comment di bawah ya guys:

GET FREE PRODUCTS FROM WEBSITE

Seperti yang udah aku tulis di postingan sebelumnya jadi gak akan aku tulis ulang untuk website penyedia sample atau produk untuk mereviewnya. Atau kalian cek google aja banyak banget kok tinggal pintar-pintar aja kita memanfaatkan teknologi. Btw kalo kalian udah dapat produknya harus review juga gengs, jadi penyedia sample tersebut juga akan notice kita dan bakal lebih banyak lagi kesempatan untuk dapat produk-produk baru lagi.

IKUT SURVEY

Di postingan sebelumnya tentang free products juga aku udah tulisin tentang survey, nah belakangan ini udah gak terlalu banyak lagi sih website yang menyediakan survey dan bisa ditukar dengan poin yang nantinya bisa kita tukar untuk pulsa maupun saldo yang lainnya, sayangnya sekarang udah gak banyak lagi atau aku emang gak begitu ngikutin sebenarnya karena keterbatasan waktu. 

IKUT GIVEAWAY

Dari awal postingan memang aku udah selalu berkali-kali bilang aku juga salah satu giveaway hunter atau bisa disebut juga dengan Kuter (Kuis hunter). Tapi sekali lagi aku tekanin jangan terlalu berharap lebih ya karena bisa dibilang nasib mujur atau hoki itu juga gak selalu berpihak kan, akun yang aku pake juga akun utamaku itu. Aku gak pernah bikin second account untuk ikut kuis ataupun untuk share apapun, ya menurutku sih urusin 1 account aja udah belibet sendiri kan. 
Karena sebagai working mom masih banyak urusan yang harus aku selesaiin gitu. Apalagi usia anak semakin besar dan mulai sekolah, makin sempit rasanya waktu untuk bergerak, eh kok jadi curcol. Kalau dulu masih sering ikut giveaway di facebook sekarang udah hampir setahun ini gak pernah lagi. Salah satu alasannya juga kadang HP dipakai Abinaya juga sih apalagi di masa pandemi ini yang mengharuskan kegiatan sekolah dilaksanakan secara virtual dan lain-lain yang menggunakan gadget.
Perbedaannya lagi kalau dulu aku masih sering ikutan giveaway di instagram yang mewajibkan repost ke feed, kalau sekarang udah gak pernah lagi gengs karena malah bikin followersku ntar kabur. Yass di 2020 ini mulai memantapkan diri jadi beauty enthusiast sebenarnya jadi mulai banyak ikut komunitas, join collab dan Alhamdulillahh mulai bekerja sama dengan beberapa brand. Jadi kita harus bisa labelling diri sendiri juga dong.

JOIN KOMUNITAS

Komunitas disini berarti komunitas poitif yang halal pastinya karena banyak juga komunitas di facebook dan whatsapp group yang berseliweran yaitu group untuk mendapat produk gratis tapi dengan cara yang curang. Ingat guys meskipun kita tim cuan dan tim pelit tapi harus dengan jalan yang halal ya guys. Kalo aku disini join di komunitas di facebook sih karena emang basic aku tuh Kuter (kuis hunter) dan juga modis (modal diskon) tapi nggak yang terlalu mendalami seperti teman-teman yang sampe berburu cashback sampek segitunya. 

Kebetulan karena aku tertarik dengan dunia beauty maka komunitas yang banyak aku ikuti juga seputar dunia beauty, dari sana bisa dapatin banyak project dan untungnya selain kita mendapat produknya juga kita bisa bertemu dengan circle pertemanan yang sehobby. Ingat tapi tujuan masuk komunitas tidak hanya sekedar ingin mendapat project tapi juga bisa dapat banyak ilmu baru. Awalnya aku dulu memang tidak pernah terpikirkan supaya dapat produk gratis sih tapi untuk mengembangkan kemampuanku di bidang beauty aja sih. Soalnya kalo circle pertemananku di dunia nyata kurang sesuai dengan beauty, apalagi aku yang tinggal di desa yang masih banyak orang kurang ngeh gitu tentang perskincarean. Aku merasa kalo hanya ini ini aja maka kemampuanku gak berkembang, nah itulah salah satu motivasi awal masuk ke komunitas beauty.

Satu hal lagi yang perlu dimiliki adalah tanggung jawab, karena ketika kita mendapat kesempatan maka brand menaruh harapan besar untuk kita ikut mempromosikan ataupun mengulas produk mereka. Jangan sampai nama kita masuk ke dalam blacklist dari brand karena keteledoran ataupun lupa deadline, dll. Salut sih sama sekarang banyak management yang memanage para influencer karena gak sedikit juga yang masih teledor suka molor deadline, dll.

BELANJA ONLINE HANYA SAAT SALE

Semua udah tahu kan kalau emang masa pandemi ini kita gak bisa kemana-mana tapi tetap bisa belanja kan, sungguh e commerce dan marketplace semakin memudahkan kita dalam hidup. Jadi jangan sampe kita juga tidak memanfaatkan kondisi pandemi ini untuk berhemat, semua orang juga kayaknya makin berlomba-lomba ya memanfaatkan kondisi ini karena emang income di masa pandemi ini juga sangat terpengaruhi bagi kebanyakan orang. Nah kalo pribadi sih emang dari dulu suka belanja kebutuhan serba online, jujur karena harganya pasti lebih murah dibandingkan dengan beli offline karena aku yang tingga di desa pasti agak kesulitan untuk memperoleh produk-produk dan hanya bisa dibeli online. Di tempatku gak ada gojek, gak ada mall, gak ada supermarket sedih gak sih? :(

Kalo masih ada yang tanya kenapa aku bisa tahu info diskon ataupun promo ya karena aku seorang blogger dan harus mantengin gadget selalu kan, iklan sering lewat cin. Join komunitas juga ngebantu bbanget nget karena temen-temen selalu share kalo ada racun diskon. Nah sekarang aku mau jabarin marketplace apa saja yang biasa aku jajanin, ini bukan semuanya ya tapi yang biasanya aku pake aja sih:

JDID

Surga buat kebutuhan rumah tangga dengan taglinenya yang dijamin ori maka ini emang dibutuhkan banget sih buat iibu rumah tangga, jaman dulu tuh masih serba free ongir tanpa minimum pembelian jadi emang udah hampir beberapa tahun sih aku belanja disini. Bahkan selalu nyetok hihi biasanya banyak promo brand tuh pas akhir tahun hehe, dari sini juga berhasil dapetin dispenser dari serba Rp 11 kalo gak salah hehe.

SHOPEE

Ini marketplace udah gak perlu dijelasin lagi sih racunnya, serba ada tapi biasanya aku belanja outfit atau peralatan gitu dan nunggu event ketika free ongkir. Cashback lumayan jadi aku pake Shopee ini gak hanya untuk belanja tapi juga untuk pembayaran tagihan juga. Jangan lupa sortir juga nih kita harus pinter-pinter cari barang yang cocok dengan seller yang trusted.

SOCIOLLA

Buat para beauty enthusiast ini udah gak perlu diragukan lagi sih mudah banget belanja dan macam-macam produk tersedia disini, aku biasanya nungguin ketika ada event free ongkir dan jga cashback sih ini. Soalnya agak berbeda dengan marketplace lain sih ini gak setiap saat ada voucher free ongkir tanpa minimum pembelian. Jangan lupa pake kode SBN0499AC kalo mau check out disini akan ada potongan Rp 25.000,00 minimum pembelian Rp 150.000,00.

LILLA

Sekarang kebutuhan anak juga ada marketplacenya sendiri suka banget belanja disini karena boxnya cantik warna lillac gitu so cute. Sama seperti yang lain ini juga aku biasanya belanja kalo pas free ongkir dan juga ada B1G1.

Nah itu aja guys yang bisa aku share tentang cerita tips hemat ala aku, yuk sharing juga pendapat kalian tentang penghematan, sekali lagi aku bukan expert tapi cuma share apa aja yang bisa aku lakukan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga.

26 comments:

  1. justru dengan banyaknya ecomm ini saya jadi makin mudah tergoda mba hahahaa karena semua ada di genggaman, harus pinter2 menahan diri jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus pintar-pintar mengelola juga mbak daripada kebablasan

      Delete
  2. aku masih setia belanja di Shopee, pengen juga coba di e-commerce lainnya jadi bisa pilih-pilih promo dan diskon yang menggoda hati saat ingin belanja keperluan, makeup misalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi sekarang aku lagi hobby banding-bandingin harga antar e commerce mabk biar ttahu mana yang best deal

      Delete
  3. wah saya biasanya beli kalau pas lagi diskon besar-besaran. lumayan banyak banget belinya sekaligus, biasanya suka ada diskon lebih besar kalau belanjanya lebih banyak heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak sama aku juga gitu kalo gak gitu malah jadinya belanja di daerahku yang selalu agak mahal dibanding di e commerce

      Delete
  4. Ikutan giveaway emang jadi bonus ya mba kalau pas menang, lumayan bisa dapat free produk, pluuus aku juga beli barang2 pas sale sih jadi hasilnya banyak juga wkwkkw
    ikut komunitas kadang jg kalau ada campaign suka dikasih produk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak emnag kalo perempuan dapat diskon atau free produk gitu girangnya bukan main

      Delete
  5. Kalo saya paling cukup ribet soal belanja online di marketplace, dan yg paling penting kita harus belanja untuk barang yang urgent dan tentu dengan harga murah/promo menarik terutama kumpulin cashback atau poin yang bisa dipakai pas pembayaran tagihan telepon/listrik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak poin atau cashback ngebantu banget kalo buat bayar wifi atau token listrik hehe

      Delete
  6. kalo aku sih tips hematnya yaa bikin budgeting hihi dan belanja aja sesuai kebutuhan, usahain biar gak tergiur belanja yang lain2

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini nih yang biasanya bikin meleng ya mbak melampaui budget karena tergiur sama yang lain

      Delete
  7. Aku suka belanja di shopee dan bayar tagihan juga dan berasa banget sih hematnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak lumayan dapat poin dan annti bisa buat belanja lagi

      Delete
  8. Hehe sma mba, klo aku jg cara hematnya selalu tunggu diskon dulu di shopee jdid dan aplikasi blanja lainnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi bener banget mbak kalo di kota besar makin banyak juga mbak pilihannya karena bisa diantar langsung

      Delete
  9. Wah asik banget ya kalau bisa dapat free produk gitu,tapu aku biasanya kalau beli skincare dan make up itu memang sesuai dengan yang biasa aku pakai. Kok jadi penasaran pengen nyoba beberapa triknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mbak aku tuh suka coba coba kalau skincare dan make up jadi salah satunya ikut giveaway biar bisa cobain banyak produk

      Delete
  10. Ada banyak cara ternyata yaa...agar tetap bisa mendapatkan produk skincare atau kosmetik yang diinginkan.
    Aku sering banget ikutan survey, tapi jarang banget dapet, hiiks~

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum rezeki mungkin mbak, hehe suka ngiler biasanya aku tuh kalo sama temen temen yang ikut photo contest dan hadiahnya umroh atau travelling ke LN

      Delete
  11. Cara2nya pernah aku lakuin semua tuh pas awal2 jd beauty blogger hahaha... Lumayan buat modal review dan dulu belum byk ecomm kyk skrg.

    ReplyDelete
  12. Tipsnya manjur banget ini ya MBa hahaha, asli aku kadang ikutan giveaway apa survey gitu. Biar dapet, alhamdulillah kadang-kadang dapet Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo dapet hadiah gitu ada kesan seneng banget gitu ya daripada beli sendiri ada kebanggaan sendiri

      Delete
  13. Aku pun belanja produk kosmetik pas lagi diskon 50% dan dapat cashback gitu. Karena kalau belanja pas nggak ada diskon itu kok mahal banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sayang duitnya ya mbak hehee soalnya kalo diskon tuh cashbacknya bisa buat jajan lagi

      Delete

FEBRUARY EMPTIES PRODUCTS 2024

Hai Assalamualaikum Gak kerasa udah di bulan Maret dan memasuki bulan Ramadhan semoga tetap istiqomah untuk menulis rutinitas setiap bulan d...